UI Design: Product Branding and Design Kit

Apa Itu UI Design?

Apa Itu Branding?

Apa Itu Product Branding?

Seberapakah Penting Product Branding ?

1. Merek produk diposisikan dan diarahkan secara unik pada suatu segmen

Dalam strategi merek produk, merek dipromosikan secara eksklusif. Merek mampu memperoleh posisi yang berbeda di benak pelanggan.

2. Branding produk memungkinkan suatu merek memperoleh diferensiasi

Tujuan branding adalah untuk membedakan satu merek dari merek lain. Branding produk membedakan produk kita dengan produk lain dan meningkatkan kesadaran merek dan pelanggan terhubung dengan mudah dengan merek produk.

3. Branding Produk memungkinkan perusahaan untuk menjelajahi area aktivitas yang tidak terkait

Merek produk berdiri sendiri. Orang-orang bahkan tidak tahu bahwa mereka semua memiliki akar yang sama di perusahaan.

4. Menghargai perbedaan merek jauh lebih mudah jika merek produk itu terkenal

Pelanggan tahu merek apa yang memenuhi kebutuhan tertentu. Misalnya, ketika mereka perlu menghilangkan noda, mereka memikirkan Rinso. Merek produk terkait dengan semua kemungkinan titik harga, manfaat, dan utilitas yang terkait dengan sub-pasar yang berbeda. Branding produk mengarah pada apresiasi perbedaan merek.

5. Branding produk memiliki efek membuat perusahaan menjadi inovatif dan bebas risiko

Kegagalan satu merek tidak akan mempengaruhi prospek merek lain dari produsen yang sama. Merek baru tidak mengambil reputasi dan citra merek yang sudah ada.

6. Product branding menghindari kebingungan di pasar

Sebuah merek harus mewakili produk secara tunggal. Menggantung banyak produk pada sebuah nama kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan. Merek produk mewakili posisi, ide, konsep, dan produk dengan cara yang jelas.

Elemen-elemen yang terdapat pada Product Branding terdiri dari :

1. Nama Merek

Nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan branding. Tanpa sebuah nama, maka produk tidak akan memiliki identitas yang akan memudahkannya untuk dikenali masyarakat.

2. Logo (Logotype, Monogram, Bendera)

Dalam pembuatan logo, perhatikanlah faktor keunikan dan gambar yang sesuai dengan brand. Logo yang unik akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen.

3. Tampilan Visual

Tampilan visual ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seraga, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk.

4. Penggunaan Juru Bicara

Juru bicara dalam hal ini bisa jadi seorang co-founder dari perusahaan, maskot, tokoh perusahaan, atau orang terkenal yang telah diajak bekerja sama untuk meningkatkan pemasaran produk.

5. Suara (Lagu Tematik)

Kehadiran sebuah lagu akan melengkapi unsur visualisasi branding dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat.

6. Kata-kata (Slogan, Tagline, Jingle, Akronim)

Slogan yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lain.

Implementasi Product Branding Pada proyek PPL kita yaitu “ Laywook “

  1. Logo

Apa Itu Design Kit?

  1. Meningkatkan produktivitas
    Karena sudah menghemat waktu dari segi pencarian atau pembuatan elemen design, produktifitas dapat meningkat, sehingga pekerjaan dapat menjadi efektif dan dapat selesai lebih cepat.
  2. Perubahan menjadi lebih cepat
    Perubahan dapat terjadi kapan saja. Jika terdapat perubahan seperti warna dan lainnya, designer tidak perlu menggunakan perangkat UI untuk mengubah elemen. Dengan UI kit, designer dapat menngubah beberapa lapisan, tidak harus mengubah kode.

Tahapan Membuat UI Kit

Pertama adalah jelaskan siapa saja yang nantinya akan menggunakan UI Kit tersebut. Kedua, jelaskan visi dan misi secara jelas. Ketiga, tentukan design principle yang akan digunakan. Dan yang keempat, jelaskan mengenai design style secara rinci.

Design Guideline

Design guideline merupakan sebuah panduan yang mengatur ketentuan desain dari suatu aplikasi seperti color palette, assets, icons, dan lain sebagainya. Panduan ini harus diikuti oleh seluruh anggota tim developer suatu aplikasi. Design guidelines memiliki beberapa kegunaan seperti membuat standarisasi tampilan aplikasi, mempertahankan konsistensi, serta sebagai pedoman bagi tim developer untuk menyusun layout aplikasi. Sebuah desain UI/UX yang baik harus dapat memfasilitasi alur kerja yang rumit, membuat pengguna memahami dan mengelola data yang kompleks, serta mengakomodasi beragam roles, kebutuhan, dan proses.

  • Navbar yang akan digunakan
  • Template button yang bisa jadi referensi akan dipakai
  • Input form

Manfaat dari UI Kit atau UI/UX Guideline bagi developer

Reference

--

--

Computer Science College Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store