Product Validation: Validasi dalam pengembangan suatu aplikasi mobile

Apa Itu Validasi?

  1. Meningkatkan kredibilitas model, sehingga model dapat digunakan oleh para manajer dan para pengambil keputusan lainnya.

Apa Itu Product Validation?

1. Memiliki nilai yang cukup menarik pengguna

Meskipun masih diisi oleh fitur-fitur sederhana, kamu harus memastikan bahwa minimum viable product memiliki nilai yang cukup menarik pengguna. Pasalnya, menggaet pengguna untuk pertama kalinya adalah hal yang sulit. Jangan sampai kamu membuat minimum viable product yang tidak menggugah target pasarmu.

2. Menunjukkan manfaat di masa depan

Minimum viable product adalah produk yang sifatnya sementara. Namun, kamu harus mampu meyakinkan pengguna bahwa produkmu akan memberikan manfaat di masa depan. Yakinkan mereka bahwa produkmu akan terus berkembang dan memaksimalkan manfaat yang mereka dapat.

3. Memberikan feedback untuk pengembangan produk

Bukan minimum viable product namanya jika kamu tidak mendapat feedback apa pun dari pengguna. Mintalah pendapat mereka tentang fitur dan penggunaan produkmu. Kemudian, manfaatkan feedback tersebut untuk menyempurnakan produk akhirmu. Selain validasi, ada juga verifikasi yang berarti mengembangan produk dengan baik. Hal ini dapat diartikan bahwa produk yang dikembangkan mencapai suatu goal dengan baik tanpa adanya bug atau pun error. Verifikasi dilakukan untuk memastikan pengembangan dilakukan dengan baik dan benar.

Waktu untuk Product Validation?

Implementasi Product Validation

Reference

https://glints.com/id/lowongan/minimum-viable-product-adalah

--

--

Computer Science College Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store