Pentingkah Agile Software Development

Software Development Agile

What is Agile ?

What is Agile Manifesto ?

Agile Manifesto
  1. Prioritaskan Kepuasan Klien
  1. Individuals and interactions over processes and tools

Implementasi Agile dalam pengembangan Proyek PPL : Scrum

Agile Frameworks
  1. Product Owner : Product owner adalah orang yang seharusnya paling memahami pekerjaan tim scrum dan pengaruh pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan pada keberlangsungan bisnis perusahaan. Product owner juga berperan sebagai perantara antara stakeholder dan tim scrum.
  2. Scrum Master : sebagai fasilitator dalam tim. Scrum master tidak berperan sebagai pembagi tugas kepada anggota tim yang lain. Namun, scrum master akan berperan sebagai pihak yang memastikan keberlangsungan kerangka kerja scrum. Scrum master akan membantu tim memahami teori dan implementasi dari kerangka kerja scrum. Peran ini juga bertugas untuk memastikan bahwa setiap kegiatan yang berlangsung dalam tim sudah sesuai dengan kerja scrum yang seharusnya.
  3. Development Team : Implementasi kerangka kerja scrum yang lebih detail menjadi tugas para development atau scrum team. Biasanya ada berbagai pekerjaan dalam development team. Mulai UI.UX Designer hingga Software Tester. Development team inilah yang akan melakukan eksekusi.
  1. Product Backlog : Product Backlog adalah antrian fleksibel pekerjaan-pekerjaan, yang diminta pihak bisnis untuk dikerjakan pihak eksekutor di masa depan. Dalam proyek kita membaginya dengan Sprint Planning. Disini Product Owner berperan sebagai menentukan product backlog apa saja yang perlu dikerjakan. Hasil dari acara perencanaan sprint adalah untuk mendapatkan tujuan sprint dan sprint backlog yang disetujui semua orang adalah realistis dan dapat dicapai.
  1. What did you do since last scrum meeting?
  2. Do you have any obstacle?
  3. What will do you do before next meeting?

Reference :

--

--

Computer Science College Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store